8 Cara Membasmi Rayap Hingga Tidak Tersisa

Rayap menjadi hama yang paling sering ditemukan di rumah. Keberadaan dari hama ini mampu membuat perabotan di rumah khususnya yang berbahan kayu menjadi tidak awet. Seperti yang kita tahu bahwa makanan utama dari rayap adalah kayu. Selain mengkonsumsi kayu, rayap juga termasuk hewan yang kanibal. Ketika ada rayap yang mati maka rayap yang lainnya akan menjadikan rayap mati tersebut sebagai santapan. Walaupun saling memakan satu sama lain rayap termasuk hama yang paling mudah berkembangbiak. Bagi anda yang direpotkan adanya hama rayap ini pastinya ingin sekali membasmi rayap dengan cara yang paling jitu. Di bawah ini akan dipaparkan 8 cara membasmi rayap paling ampuh bahkan hingga tidak bersisa.

Cara yang pertama adalah membuat jebakan kardus. Cara yang pertama ini jarang digunakan oleh orang. Belum banyak yang tahu bahwa jebakan kardus ini ampuh untuk membasmi rayap. Caranya adalah membasahi kardus dengan air. Kardus yang lembab akan menarik rayap untuk datang. Letakan kardus tersebut di tempat yang anda curigai sebagai sarang rayap. Secara perlahan rayapnakan berpindah ke dalam kardua tersebut. Setelah berpindah maka anda bisa membuang kardus tersebut.

Cara yang ke dua adalah memanfaatkan air sabun. Air sabun memang ampuh mengusir rayap. Selain air sabun biasanya juga dimanfaatkan air beras sebagai pengusir rayap. Cara menggunakannya sangat mudah, anda hanya perlu membuat air sabun dan menyemprotkannya ke sarang rayap. Zat kimia yang ada di dalam sabun mampu mengusir rayap sehingga tidak kembali lagi. Cara membasmi rayap menggunakan cara ini sangat mudah dilakukan siapa saja. Bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan.

Cara ke tiga adalah membasmi menggunakan kapur barus. Kapur barus termasuk dalam bahan ampuh mengusir serangga. Kapur barus ini juga bisa mengusir rayap. Caranya adalah dengan meletakan kapur barus tersebut di beberapa tempat yang ada diperabotan kayu. Letakan juga dibeberapa tempat yang dianggap sebagai sarang dari rayap. Rayap akan menghindari adanya kapur barus sehingga rayap akan segera hilang.

Cara ke empat adalah membuat ventilasi dengan jumlah yang banyak. Memperbanyak ventilasi adalah cara yang paling tepat untuk mengusir rayap. Jika beberapa cara sebelumnya harus menggunakan bahan – bahan untuk mengusir rayap, tahukah anda bahwa dengan memperbanyak ventilasi juga bisa mengusir rayap. Semakin baik sirkulasi udara dan pemenuhan cahaya di dalam rumah maka bisa membuat rayap dengan mudah dibasmi. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk membuat rayap hilang tak bersisa.

Cara ke lima adalah membersihkan genangan air yang ada di halaman. Tahukah anda bahwa adanya genangan di halaman rumah atau di belakang rumah mampu membuat rayap berdatangan. Rayap sangat menyukai tempat yang lembab sehingga sangat penting untuk memperhatikan lokasi – lokasi lembab yang ada di rumah anda. Jika ada genangan maka langsung tutup genangan tersebut atau mengurasnya sehingga lokasi tidak lembab.

Cara ke enam adalah membuang ranting kering. Mempunyai halaman tentunya membuat banyak berserakan ranting kering. Jika di halaman rumah anda terdapat banyak ranting kering maka tugas anda adalah membuang ranting tersebut. Ranting kering menjadi salah satu tempat yang disukai rayap. Rayap akan menjadikan ranting kering sebagi rumah baru dan mulai memakan kayunya. Jika ranting tersebut dibiarkan tertumpuk maka bisa membuat jumlah rayap lebih banyak lagi.

Cara ke tujuh adalah memperbaiki dinding yang retak. Dinding yang retak menjadi salah satu lokasi yang digunakan rayap untuk berpindah tempat. Jika dirumah anda terdapat dinding yang retak maka bisa anda perbaiki terlebih dahulu agar terhindar dari rayap.  Tidak hanya dinding yang retak saja namun kramik yang rusak juga bisa dijadikan tempat rayap untuk berpindah tempat. Perhatikan beberapa hal tersebut untuk bisa mengusir rayap dengan lebih baik.

Cara ke delapan adalah menjemur perabotan. Jika anda ingin mengusir rayap dengan lebih cepat caranya sangat mudah yakni jemurlah perabotan yang anda miliki. Jemurlah perabotan yang berbahan dasar kayu. Rayap akan segera pergi ketika kayu tersebut dijemur. Cara ini memang sangat ampuh mengingat rayap tidak menyukai tempat yang ada cahayanya. Banyak yang melakukan cara ini karena mampu membuat rayap langsung pergi.

Itulah delapan cara membasmi rayap di rumah anda paling ampuh. Menggunakan delapan cara di atas mampu membuat rayap pergi tanpa bersisa. Delapan cara di atas termasuk cara yang paling aman digunakan dan siapa saja bisa menerapkan cara tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka anda bisa melakukan delapan cara tersebut secara rutin. Dijamin rayap akan segera meninggalkan sarangnya dan tidak kembali lagi.

Selain ke delapan cara di atas masih ada banyak cara lain yang bisa anda lakukan. Jika anda sudah menggunakan cara di atas, anda juga bisa menggunakan jasa basmi rayap yang ada. Jasa ini menawarkan kemudahan untuk membasmi rayap dalam waktu sekejap. Keberadaan jasa ini juga sangat mudah ditemukan. Manfaatkan adanya jasa ini agar rumah atau perabotan anda lebih aman.

Scroll to top