Sakit perut sebelah kiri

Apakah anda pernah mengalami sakit perut sebelah kiri? Atau mungkin sering?

Jika iya, maka sangat disarankan bagi anda untuk memeriksakan diri sebab ragam penyakit yang bisa timbul dari area tersebut cukup banyak sehingga tidak mudah di deteksi oleh orang biasa. Apalagi jika sudah semakin parah, kemungkinan tindakan operasi akan memakan cukup banyak biaya, kasus tidak beruntung lainnya bahkan dapat kehilangan nyawa.

Namun, jika pergi dokter belum memungkinkan untuk dilakukan, terdapat beberapa tips langkah pencegahan pertama bagi penderita yang dapat diterapkan di rumah selama masa menunggu. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah nya:

  1. Mengompres bagian yang sakit dengan air hangat

Cara pertama yaitu dengan menempelkan handuk yang sudah direndam dengan air hangat pada bagian yang sakit secara hati-hati. Tindakan demikian dapat menenangkan radang sehingga sakit dapat berkurang.

Lakukan langkah ini dengan berbaring pada posisi paling nyaman serta sebisa mungkin gunakan untuk berusaha tidur trik ini sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum berangkat konsultasi ke dokter.

  1. Perbanyak minum air putih

Konsumsi air putih hangat atau suhu normal (usahakan bukan dingin) secara perlahan-lahan. Tubuh terdiri dari hampir 90% cairan, sehingga perannya ketika dalam kondisi sakit juga penting untuk memperlancar metabolisme tubuh. Selama sakit, hindari minum minuman yang mengandung cafein (kopi), karbonasi (teh, soda atau alkohol.

  1. Hindari makanan pedas

Meskipun dalam kondisi sakit dan tidak nafsu makan, namun tubuh tetap membutuhkan energi yang berasal dari asupan makanan. Adapun jenis makanan yang dianjurkan ialah biskuit, gandum, nasi, atau roti. Kandungan dalam makanan tersebut tidak akan membebani lambung untuk bekerja terlalu berat.

Hindari makanan pedas atau mengandung lemak tinggi sebab dapat memicu rasa sakit menjadi lebih parah.

Sebagaimana telah disinggung diatas, kiat-kiat ini hanya merupakan langkah alternatif pertama yang perlu dilakukan selama menunggu pemeriksaan dokter atas sakit perut sebelah kiri yang sedang diderita. Semoga bermanfaat dan pembace sekalian selalu diberi kesehatan, Amiiin.  .

Scroll to top