Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan Normal

Perut yang buncit menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi wanita setelah melahirkan. Kondisi ini selain membuat tidak nyaman, juga dapat menurunkan kepercayaan diri. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut buncit setelah melahirkan.

  1. Rutin melakukan olahraga

Salah satu cara membakar lemak yang paling efektif yaitu dengan berolahraga. Selain membakar lemak, beberapa gerakan dalam olahraga juga dapat memperkencang otot. Cara ini bisa dilakukan oleh perempuan pasca melahirkan normal untuk membentuk perut menjadi sedia kala. Cara-cara seperti sit up dan push up bisa menjadi alternatif gerakan yang dapat dilakukan.

  1. Konsumsi makanan bernutrisi

Mengecilkan perut pasca melahirkan merupakan satu bagian yang sama dalam memperkecil badan. Makanan yang dikonsumsi pun juga harus dijaga. Memperbanyak mengkonsumsi sayur, buah, biji-bijian atau makanan dengan kandungan serat tinggi sangat dianjurkan. Namun tetap dengan kandungan gizi yang juga harus selalu seimbang, untuk kebutuhan nutrisi pada bayi yang disusui.

  1. Mengkonsumsi teh hijau

Konsumsi teh hijau, selain baik untuk pencernaan juga dapat mengurangi lemak perut. Kandungan antioksidannya mampu membakar lemak serta dapat melindungi tubuh dari berbagai macam radikal bebas. Namun yang perlu diperhatikan pula yaitu takaran yang tidak boleh berlebihan.

  1. Tidur yang cukup

Waktu tidur yang cukup mungkin menjadi permasalahan yang dihadapi ibu setelah melahirkan. Proses menyusui serta seringnya bayi terbangun ketika malam hari, menjadi beberapa alasan mengapa ibu sulit mendapat waktu tidur yang cukup. Pemenuhan waktu tidur yang cukup bagi ibu setelah melahirkan ini dapat disiasati dengan ikut tidur ketika anak juga tertidur. Lalu apa hubungannya waktu tidur yang cukup dengan usaha mengecilkan perut? Hal itu karena waktu tidur juga berpengaruh terhadap hormon yang mengatur rasa lapar. Semakin sedikit waktu tidur yang anda miliki, maka anda akan lebih mudah merasa lapar.

  1. Menggunakan korset

Bagi wanita yang melahirkan secara normal, penggunaan korset ini juga dapat mengikat bentuk perut agar seperti sebelumnya. Namun tentu saja, hasil yang terlihat tidak dalam waktu penggunaan yang singkat. Setidaknya memerlukan waktu 4 sampai 6 minggu, tergantung dengan kondisi tubuh tiap-tiap orang.