Dalam melamar pekerjaan, perusahaan memiliki persyaratan tertentu untuk foto yang dilampirkan. Tidak hanya ukuran, melainkan warna background foto pun menjadi perhatian dari perusahaan. Bagaimana dengan foto yang dimiliki telah memiliki warna tersendiri, apakah masih dapat diganti? Rupanya kini telah hadir cara mengganti background foto yang dapat dilakukan. Tidak selalu dengan laptop atau komputer, anda dapat melakukannya hanya dengan smartphone.

Penggunaan smartphone untuk mengedit background foto dinilai sangat membantu. Karena semua orang memilikinya dan pekerjaan editing tidak membutuhkan waktu lama. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui cara melakukannya, sehingga mengganti background terus dilakukan dengan bantuan ahli. Apakah anda tertarik untuk mengganti background dengan smartphone? Sempatkan waktu untuk membaca ulasan yang akan disampaikan pada bagian selanjutnya.

Cara Mengganti Background Foto di Android

Untuk anda yang tertarik mengganti background dengan android dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Ikuti secara keseluruhan, agar didapatkan foto berkualitas dan nampak original,

  1. Aplikasi PicsArt

Apakah anda memiliki aplikasi PicsArt di handphone? Bila belum, segera download dan instalasi hingga usai. Tunggu beberapa saat, hingga aplikasi dapat digunakan. Langkah berikutnya adalah membuat akun atau login untuk memanfaatkan layanan. Setelahnya, berikan izin agar aplikasi dapat mengakses galeri ataupun beberapa ketentuan lainnya.

 

  1. Add Photo

Langkah berikutnya adalah masuk dalam halaman utama. Dalam halaman utama, akan nampak tombol +. Tombol ini akan nampak pada bagian bawah halaman utama. Kemudian pilih background yang diinginkan, contohnya warna, background ataupun background transparan. Langkah selanjutnya adalah memilih foto yang akan diganti backgroundnya.

 

  1. Hapus Background

Setelah menjalankan langkah di atas, bukan berarti pekerjaan anda usai. Karena langkah berikutnya adalah memilih foto dengan menekan add pada bagian pojok kanan atas. Setelah gambar berhasil dtambahkan, pilih opsi berikutnya, yaitu cutout. Pada opsi ini akan nampak ikon orang yang tersedia dibagian bawah halaman. Proses ini berguna untuk menghapus background.

 

  1. Editing

Untuk memperhalus hasil penghapusan background, anda dapat melanjutkannya dengan editing. Proses editing dapat dilakukan dengan memanfaatkan menu kuas dan penghapus. Anda harus membuatnya sebaik mungkin, agar foto nampak berkualitas. Untuk melakukannya, manfaatkanlah tombol mata dan simpan jika dirasa sudah sempurna.

 

  1. Pengaturan Foto

Langkah akhir yang harus dijalankan adalah membuat foto agar nampak proposional. Bila sudah selesai, klik tombol ceklist yang nampak di pojok kanan atas. Setelah semuanya usai, simpan gambar dengan menekan tombol panah di bagian pojok kanan atas. Simpan dalam galeri di handphone kemudian tekan tombol done.

 

  1. Pemeriksaan

Sebagai penikmat aplikasi, anda harus memperhatikan apakah aplikasi telah berhasil atau tidak. Caranya dengan melakukan pemeriksanaan secara berkala atas hasil gambar. Kunjungi hasil editing di galeri, kemudian perhatikan seluruh background dengan seksama. Jika berhasil, maka download camera user manual bawaan tidak lagi perlu dilakukan.

Setelah berhasil menerapkannya pada sebuah foto, anda dapat melakukan hal sama secara berulang. Contohnya melakukan editing foto lainnya, yang digunakan untuk kebutuhan media sosial dan lainnya.

Aplikasi Untuk Mengganti Background Foto di Android

Saat ini tersedia banyak aplikasi yang dapat dijadikan cara mengganti background foto dengan android. Adapun beberapa aplikasi yang dimaksud, dapat dipilih salah satunya dari lima dibawah ini,

  1. LightX

Pilihan aplikasi yang dapat dimanfaatkan yaitu LightX. aplikasi ini dapat digunakan untuk mengubah background tertentu. Fiturnya cukup beragam, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah foro yang menarik. Proses penggunaannya pun tidak terlalu sulit, yaitu memotong foto yang akan digunakan dan menempelkannya pada background yang diinginkan.

 

  1. Pixlr

Pixlr memiliki sebuah kemiripan dengan Lightx, yaitu kemudahan menggunakannya. Anda dapat mengganti latar dengan cepat tanpa membutuhkan bantuan perangkat lainnya. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan gratis di playstore dan appstore. Jika membutuhkannya, segera download dan lakukan instalasai saat anda membutuhkannya segera.

 

  1. Background Eraser

Pilihan aplikasi berikutnya adalah background eraser yang digunakan untuk mengedit background. Didalamnya tersedia banyak fitur yang dapat digunakan untuk mengganti background warna hingga tempat-tempat menarik. Satu lagi fitur yang dapat dimanfaatkan adalah fitur auto mode untuk menghapus semua pixel secara otomatis.

 

  1. Photo Background Changer

Berikutnya adalah aplikasi yang memiliki banyak kategori background didalamnya. Anda dapat memilih salah satunya, untuk menghasilkan gambar yang diinginkan. Beberapa background yang dapat dijadikan pilihan adalah cartoon, gradient, vintage, road dan yang lainnya. Cara menggunakannya, tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya.

 

  1. TouchRetouch

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini digunakan untuk mengedit foto khususnya bagian background. Kelebihan aplikasi ini adalah adanya fitur eraser sehingga dapat menghapus bagian-bagian yang tidak diperlukan. Untuk mendapatkannya, anda tidak akan dikenakan biaya tambahan. Karena aplikasi bisa didapatkan secara gratis dan mudah di play store.

Pilihan aplikasi manapun yang diinginkan, semuanya akan memberikan kualitas terbaik. Namun dengan catatan, di mana anda memahami cara menjalankannya. Jadi, semua langkah-langkah yang dijalankan dianggap biasa dan hasil editing foto yang didapat cukup maksimal. Siapa tahu dari pembelajaran otodidak, pengguna dapat menjadi editor handal.

Cara Mengganti Background Foto di Android, Segera Lakukan dan Nikmati Hasilnya!
Scroll to top