Yuk Simak Diet Untuk Ibu Hamil Yang Kelebihan Berat Badan

 

Kenaikan berat badan yang normal pada ibu hamil berada di kisaran 11-16 kilogram saja. Menurut penelitian yang telah dilakukan ibu hamil yang memiliki kenaikan bobot badan berlebih akan beresiko buruk terhadap kehamilannya. Resiko tersebut dapat berupa diabetes hingga preeklampsia. Tak jarang diet untuk ibu hamil yang kelebihan berat badan sangat dianjurkan, berikut ulasannya.

Tips Diet Yang Baik Untuk Ibu Hamil Yang Kelebihan Berat Badan

  1. Mengurangi Kalori

Diet untuk ibu hamil dianjurkan tidak terlalu ketat dan drastis, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengurangi asupan kalori harian. Anda dianjurkan bisa mengurangi lebih dari 3.500 kalori untuk seminggu. Sehingga dapat dikatakan perharinya dapat mengurangi kalori sebanyak 500 kalori. Hal tersebut bisa anda lakukan secara bertahap namun konsisten.

  1. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah mengkonsumsi makanan penuh nutrisi. Disisi lain dapat memberi asupan nutrisi yang baik, sayur dan buah โ€“ buahan bisa digunakan untuk diet ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan makanan ini memiliki rendah kalori dan tetap bisa memberi asupan gizi yang cukup, sehingga ibu akan tetap merasa kenyang.

Apabila awalnya ibu tidak terbiasa mengkonsumsi sayur dan buah, anda bisa mengolahnya terlebih dahulu untuk memberi cita rasa yang lebih menarik dibanding langsung dimakan. Contohnya bisa dilakukan dengan membuat jus maupun smoothie. Hal tersebut membuat bentuk dari sayur dan buah yang diolah terasa lebih menggugah selera dan rasanya lebih lezat.

  1. Mengkonsumsi Lemak Baik

Dalam melakukan diet untuk ibu hamil yang kelebihan berat badan, lebih baik fokus pada konsumsi lemak baik. Ada baiknya anda mengurangi konsumsi lemak jahat seperti margarin atau mentega, anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Sehingga bisa mendapatkan asupan lemak yang sehat, dan anda tetap bisa mengolah makanan dengan lezat menggunakan minyak zaitun.

Pada dasarnya, ibu hamil membutuhkan 25 โ€“ 35 persen dari kalori harian yang berbahan lemak untuk mengisi energi tubuh dan juga janin. Dalam artian kebutuhan dari lemak masih dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila mengganti konsumsi lemak yang jahat dengan lemak yang baik dibanding tidak mengkonsumsi makanan mengandung lemak sama sekali.

  1. Melakukan Olahraga Rutin

Banyak dokter memberikan rekomendasi untuk melakukan olahraga yang rutin bagi ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan. Anda bisa mulai olahraga teratur dengan mengikuti yoga maupun kelas olahraga khusus untuk ibu hamil. Biasanya olahraga yang dilakukan tidak akan terlalu berat. Anda bisa melakukannya dengan teratur dan fokus agar diet berhasil.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yang mengalami kenaikan bobot badan berlebih. Diet tersebut perlu dilakukan demi keselamatan ibu dan bayi, pasalnya ada banyak resiko yang bisa dialami oleh ibu hamil yang kelebihan berat badan, seperti tekanan darah tinggi yang meningkat, persalinan premature dan sebagainya. Oleh karena itu, diet ini perlu untuk dilakukan.

Scroll to top