Nutrisi Ibu Menyusui Saat Bayi Baru Lahir

Banyak ibu baru yang bertanya apakah makanan yang mereka makan akan memperngaruhi ASI mereka. Jika Anda sedang menyusui, pola makan dan makanan yang bernutrisi sangat penting untuk menjaga kualitas dan suplai ASI yang cukup.

Jadi jangan pelit untuk membeli makanan yang penuh nutrisi untuk ibu dan bayi demi pekembangannya yang optimal. Ketahui kebutuhan nutrisi ibu menyusui saat bayi baru lahir di bawah ini.

Berapa Banyak yang Harus Ibu Makan?

Ibu baru melahirkan membutuhkan 500-600 kalori yang lebih banyak daripada saat hamil yang dibagi antara protein,lemak, dan karbohidrat. Saat menyusui Anda membutuhkan asupan protein sebanyak 70 gram hingga 80 gram per hari. Konsultasi dengan dokter untuk mengetahui jumlah kalori harian yang tepat dan menentukan suplemen vitamin yang perlu dikonsumsi.

Nutrisi yang Dibutuhkan

Setiap kali makan, isi setengah piring Anda dengan buah dan sayuran, setengah lainna mencakup protein dan karbohidrat. Batasi makanan dan miuman kemasan atau olahan pabrik yang tinggi garam, lemak jenuh, dan gula tambahan.

Anda juga perlu mendapatkan cukup nutrisi seperti :

Protein : makanan seperti kacang-kacangan, seafood, daging tanpa lemak, telur, dan produk kedelai yang kaya protein yang dapat membantu tubuh Anda pulih setelah melahirkan. Targetkan lima hingga tujuh porsi setiap hari

Kalsium : Ibu baru melahirkan dan menyusui membutuhkan setidaknya 1000 miligram atau sekitar 3 porsi produk susu rendah lemak setiap hari.

Zat besi : nutrisi ini membantu tubuh Anda membuat sel darah yang meningkatkan energi dalam beraktivitas. Tempe, tahu, daging merah dan unggas adalah makanan tinggi zat besi.

Siapkan camilan sehat seperti sayuran dan buah segar untuk mendapatkan sumber nutrisi alami.  Daripada Anda makan makanan olahan pabrik seperti keripik atau kue kering yang malah menambah berat badan Anda karena tumpukan lemak aibat kandungan tinggi gula dan kalori di dalamnya.

Pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih, susu, dan jus buah yang dibuat sendiri, bukan jus buah kemasan di toko.

Memberikan nutrisi ibu menyusui saat bayi baru lahir yang cukup artinya Anda peduli dengan pertumbuhan bayi Anda. Juga tetap perhatikan kecukupan nutrisi makanan yang keluarga Anda konsumsi sepanjang hidup.

 

Scroll to top