Sosial media kini tak hanya dijadikan sebagai sarana hiburan saja, namun sudah menjadi kehidupan yang menyatu dengan masyarakat. Tak ada satu hal pun yang tak membutuhkan adanya media tersebut. Entah dalam hal jual-beli, komunikasi, pendidikan dan lain sebagainya telah memanfaatkan fitur tersebut. Namun, sudahkah Anda memahami apa saja sosial media yang lagi trend di dunia saat ini? Tak ada salahnya bukan untuk menyimak pembahasan berikut agar wawasan Anda semakin terbuka dan bijak dalam memilih media yang tepat. Untuk mendapatkan informasi rinci, Anda bisa mengunjungi situs kangsandi.id.

Kenali Trend Sosial Media di Tahun 2020

Tak ada salahnya mengetahui perkembangan trend sosial media dunia dewasa ini. Hal ini tentu dapat menunjang kelancaran proses penggunaan suatu aplikasi di kemudian hari. Sebab pengetahuan tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan arah tujuan dan strategi yang harus diambil.

1.      E-Commerce Akan Lebih Mendominasi

Trend sosial media yang pertama adalah munculnya fitur social e-commerce dalam beberapa aplikasi. Hal ini tentu memudahkan pengguna ketika akan melakukan pembelian secara online, karena tidak mengharuskan untuk membuka platform marketplace terlebih dahulu. Diantara beberapa sosial media yang ada, instagram telah mengembangkan fitur tersebut yakni dengan adanya instagram shop.

2.      Penikmat Konten Video Akan Meningkat

Platform sosial media semakin paham akan kebutuhan para penggunanya. Melalui fitur video, kini pengguna sosial media tak harus menuliskan caption yang panjang demi menjelaskan maksud suatu postingan. Namun perlu diingat sebelum mengunggahnya pastikan untuk membuat konten semenarik mungkin melalui penyajian cerita dan fokus produk yang baik.

3.      Adanya Personalisasi Konten yang Berbeda

Hampir seluruh platform sosial media kini berlomba-lomba untuk dapat menyajikan kepuasan konten bagi para penggunanya. Melalui konsep personalisasi konten, kini mulai muncul algoritma baru yang memungkinkan pengguna dapat memfilter konten apa saja yang diminati. Selain mengutamakan user experience, fitur ini pun dapat membantu brand dalam memasarkan produknya.

4.      Augmented Reality Semakin Diminati

Adanya teknologi augmented reality dalam beberapa aplikasi sosial media memungkinkan pengguna untuk bisa berbagi foto dan video dengan penambahan fitur stiker dan filter. Berawal dari aplikasi Snapchat, kini banyak platform sosial media yang mengadopsi konsep tersebut, sebut saja TikTok, Line, dan Instagram.

5.      Konten Singkat yang Inspiratif

Konsep konten yang singkat menjadi bahan inspirasi para pengguna sosial media. Perlu diketahui bahwa konten singkat ini lebih merujuk pada penyajian video yang memiliki durasi tidak lebih dari 60 detik. Hal ini banyak dijumpai pada beberapa jenis aplikasi seperti TikTok, instagram story dan snapchat. Berkat aplikasi tersebut, banyak masyarakat yang menyambut fitur ini dengan sangat hangat dan menerimanya sebagai sarana penunjang hiburan segar.

8 Aplikasi Media Sosial yang Tengah Trend di Dunia

Setelah menyimak trend sosial media dunia yang mampu mendukung kelancaran strategi branding perusahaan. Kini Anda juga harus paham, apa saja aplikasi sosial media yang lagi trend di dunia. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1.      Instagram

Aplikasi sosial media yang satu ini memang banyak diminati oleh para pengguna. Tak hanya mampu menyajikan unggahan foto dan video saja, kini pun telah dilengkapi dengan fitur instagram TV dan instagram shop.

2.      Youtube

Seperti penjelasan pada bab sebelumnya bahwa konten video lebih mendominasi dan menjadi trend dewasa ini. Maka tak heran jika youtube masuk dalam jajaran aplikasi sosial media yang lagi trend di dunia. Selain dapat memudahkan pengguna untuk mengunggah aneka konten video, durasi video yang dapat ditentukan sendiri pun dapat mempermudah suatu brand dalam melakukan promosi.

3.      Snapchat

Jauh sebelum TikTok dan instagram story hadir, snapchat lebih dulu menghadirkan konsep video pendek yang menginspirasi. Aneka konsep video dengan berbagai sentuhan editing yang epik mampu menjadi bahan hiburan penggunanya.

4.      Telegram

Digadang-gadang sebagai aplikasi sosial media yang memiliki keamanan tinggi, telegram banyak diminati oleh berbagai kalangan. Tak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, telegram lebih sering digunakan untuk sarana berdiskusi oleh berbagai pihak.

5.      Viu

Konten video memiliki daya tarik tersendiri di kalangan pengguna sosial media. Memungkinkan Anda untuk dapat memfilter sajian konten, hal ini menjadikan viu masuk dalam list sosial media yang paling banyak diminati. Tak lain karena kemudahan fitur ketika akan menonton streaming film dari berbagai genre.

6.      WhatsApp

Aplikasi sosial media ini menyajikan berbagai fitur perpesanan yang memudahkan bagi para pengguna. Tak hanya format teks saja, namun format lain seperti video, audio, maupun gambar pun dapat Anda kirimkan menggunakan aplikasi ini.

7.      Twitter

Masuk dalam jajaran mikroblog, aplikasi ini mampu menyajikan fitur penulisan artikel secara runut dan beraturan dalam sebuah utas. Tambahan fitur tagar pun dapat mempermudah Anda untuk mencari suatu topik diskusi.

8.      TikTok

Aplikasi ini menghadirkan fitur editing yang mumpuni melalui adanya filter stiker, backsound lagu hits dan lain sebagainya. Durasinya yang pendek membuatnya tampak lebih diterima karena jauh dari kesan monoton dan membosankan.

 

Aneka aplikasi sosial media yang lagi trend di dunia tersebut tentu sudah Anda kenal sebelumnya. Dari sekian jenis yang ada, manakah favorit Anda saat ini? Temukan inspirasi bacaan lainnya hanya dengan mengunjungi situs kangsandi.id. Selamat membaca.

Kenali 8 Aplikasi Sosial Media yang Lagi Trend di Dunia
Scroll to top