Bagi para calon orang tua, menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir tentunya merupakan kegiatan hal yang mengasyikkan. Terlebih jika anda sudah mengetahui jenis kelamin dari si cabang bayi yang akan lahir tersebut. Barang barang perlengkapan bayi memang biasanya sangat menggemaskan, sehingga membuat banyak orang lapar mata untuk memborongnya. Namun tahukan anda kebutuhan bayi baru lahir yang paling penting? Jika belum, yuk simak ulasannya berikut.

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

  1. Popok atau Diaper

Barang pertama yang tentu harus disiapkan para orang tua untuk bayi mereka adalah popok. Para orang tua modern pada masa sekarang sudah merasa nyaman dengan penggunaan popok bayi sekali pakai. Karena setelah digunakan, popok tersebut bisa langsung dibuang tanpa harus repot repot mencucinya. Namun, pada beberapa bayi seringkali timbul masalah seperti ruam kulit pada bagian pantat jika menggunakan diaper sekali pakai.

Hal tersebut secara umum diakibatkan oleh bahan popok bayi yang bersifat lembab. Sehingga, anda lebih baik menyediakan diaper bayi sekali pakai dan juga popok kain sebagai alternatif jika bayi anda tidak bisa menggunakan popok yang sekali pakai. Dan saat mencari popok sekali pakai, pilih popok yang berpori dengan bahan yang lembut seperti kain agar kulit si kecil bisa tetap terjaga kesehatannya.

  1. Pakaian Bayi

Kebutuhan bayi baru lahir selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu set pakaian bayi. Anda sebaiknya menyiapkan baju lengan pendek serta lengan panjang, sehingga bisa digunakan sesuai dengan kondisi cuaca. Pilih bahan yang tidak panas dan berkain lembut, agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit si kecil. Bayi yang baru lahir biasanya juga membutuhkan sepasang sarung tangan serta kaus kaki, untuk menjaga kulit mereka yang masih sangat lembut.

  1. Perlengkapan Mandi Bayi

Sabun bayi, shampoo, serta body lotion juga penting dan menjadi kebutuhan untuk bayi yang baru lahir. Anda perlu teliti dalam memilih perlengkapan mandi si kecil, karena kulit mereka yang masih begitu lembut rentan terhadap bahan kimia. Jadi, sebaiknya anda memilih perlengkapan yang bebas kandungan kimia serta bebas aroma. Pilih juga yang tidak menimbulkan ekstra busa, serta memiliki kandungan pelembab yang baik.

Handuk yang dipilih juga harus terbuat dari bahan yang lembut dan tidak kasar, agar tidak membuat luka pada kulit bayi yang sensitif. Bak mandi juga tidak kalah pentingnya, selain harga, kualitas bahan serta bentuk dari bak mandi bayi juga perlu disesuaikan. Anda harus menyesuaikan bentuk bak mandi dengan ukuran tubuh dari si kecil, agar tidak kekecilan maupun kebesaran. Karena perlengkapan mandi ini merupakan kebutuhan bayi baru lahir yang sangat penting.

Perlengkapan untuk bayi baru lahir memang cukup banyak, dan perlu dipilih dengan teliti dan berhati hati. Sebab, bayi baru lahir masih sangat sensitif sehingga memerlukan bahan bahan yang lembut dan terbebas dari bahan kimia. Maka sebaiknya anda menuliskan daftar kebutuhan si kecil pada selembar kertas, kemudian coret barang barang yang telah disiapkan. Hal ini akan memudahkan anda dalam melengkapi perlengkapan bayi baru lahir.

Bunda Wajib Tahu, Berikut Daftar Lengkap Kebutuhan Bayi Baru Lahir
Scroll to top