Cara Agar Merpati Terbang Tinggi dan Cepat

Salah satu impian bagi para pemilik burung dara yang sering sekali mengikutsertakan burung daranya di ajang perlombaan, tentu saja menginginkan kemenangan di samping tergour akan hadiah dan juga namanya yang melambung. Namun, anda perlu perhatikan pula langkah untuk dapat memenangkan perlombaan burung dara.

Kemenangan ini bukanlah suatu kebetulan seperti halnya judi. Melainkan anda memang harus melatih burung dara supaya memiliki gerakan yang cepat, tinggi, dan tentunya mampu girang dengan baik. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara agar burung merpati terbang tinggi dan cepat saat perlombaan.

1) Latih lah Sesuai Pada Waktunya

Jika anda memiliki anakan burung dara dan berniat menjadikannya juara, maka sangat tidak dianjurkan untuk melatihnya ketika burung dara masih berusia sangat muda. Selain dapat menyebabkan burung dara cenderung terus-terusan mengekor burung lain, kemampuan terbang serta kesiapan mental burung dara muda juga masih perlu dipertanyakan.

2) Melatih Burung Jarak Dekat

Saat baru pertama melatih giring pada burung merpati. sangat tidak dianjurkan jika anda melatihnya dengan jarak yang cukup jauh. Sebagai awal atau permulaan dari bentik latihan, anda dapat melatihnya naik turun kandang, giring terhadap burung dara betina, hingga saatnya siap melakukan giring kisaran 20-30 meter jauhnya.

3) Memberinya Makan dan Menjemurnya

Merpati balap yang sering sekali diikutkan dalam ajang perlombaan pada dasarnya memiliki metode pemeliharaan yang sama. Namun, maknanya berbeda. Merpati balap perlu diberi asupan jamu burung dara supaya mampu bersaing ting dan terbang cepat di angkasa, mengalahkan burung lainnya.

Pemberian jamu pada burung merpati yang siap untuk balapan biasanya berguna untuk tingkatkan daya stamina si burung supaya mampu mengepakkan sayapnya berkali-kali lebih cepat dan tentunya tidak mudah lelah. Anda juga perhatikan waktu pagi hari saat sinar matahari muncul, vitamin D bagus untuk kesehatan tulang si burung.

Apakah nda salah satu dari sekian banyaknya orang yang ingin mendapatkan gelar juara di ajang balap burung dara? Pastikan anda menerapkan cara agar merpati terbang tinggi dan cepat dengan benar, seperti mengikuti langkah-langkah yang telah dicontohkan di atas.