Sangat penting bagi para orang tua kususnya ibu untuk dapat mengenali apakah anak cocok dengan susu tertentu atau tidak ,bilamana hal ini jika terus dibiarkan akan sangat berdampak pada anak terutama dalam masa tumbuh kembang anak.

Kita ketahui bersama tidak semua susu formula baik dan cocok bila diberikan kepada anak, hal ini diakibatkan oleh sistem tubuh dari anak yang tidak bisa mencerna dengan baik semua produk dari susu kemasan atau susu formula tersebut sehingga dapat mengakibatkan alergi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ciri-ciri anak tidak cocok susu berikut ini.

Ciri-Ciri Anak Tidak Cocok Susu

Anak yang alergi terhadap susu formula bisa dilihat sebagai berikut;

  1. Gegala alergi seperti pilek
  2. Reaksi kepada kulit seperti ruam pada wajah,pembengkakan pada bibir dan wajah serta sekitar mata
  3. Eksim tidak membaik meskipun sudah di obati
  4. Gangguan pernafasan:batuk,mengi dan sesak nafas
  5. Masalah pencernaan seperti: diare,sakit perut bahkan BAB berdarah

Gejala yang ditimbulkan akibat alergi atau tidak cocok susu formula bisa muncul setelah beberapa menit atau jam mengkonsusmsi susu tersebut. Akibat anak yang tidak cocok susu formula bisa anda perhatikan gejala yang timbul seperti diatas dan lakukan dengan mengganti susu yang lain atau sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Penanganan bila anak sudah terlanjur alergi susu adalah dengan menghindari atau menghentikan sementara waktu mengkonsusmsi susu tersebut, konsultasikan dengan dokter bila alargi yang ditimbulkan tidak segera mereda. Bagi ibu yang baru melahirkan sebaikya selalu gunakan ASI agar tidak terjadi alergi pada anak.

Pemberian obat-obatan mungkin diperlukan pada anak yang terkena alergi susu/tidak ccok susu, obat Antihistamin salah satu obat untuk meredakan gejala dari alergi susu, dan mengurangi ketidaknyamanan pada anak di saat alergi tersebut muncul.

Bgaimana pencegahan tidak cocok susu?

Yang harus dilakukan anda para ibu yang pertama tentunya selalu hindari produk susu yang tidak jelas label atau produk susu yang akan dibeli,selalu perhatikan setiap akan membeli susu dengan produk yang tentunya sudah terjamin kualitas dari susu tersebut.

Ditoko atau pun supermarket di dekat rumah kita sudah banyak menjual susu yang berkualitas baik,sehingga kita dengan mudah untuk mendapatkan produk susu ntuk si kecil tanpa harus mencari jauh jauh.Carilah referensi atau tanyakan pada dokter susu apa yang cocok buat anak anda.

Jangan asal memilih produk susu yaah bunda agar anak kita selalu terjaga dari alergi akibat membeli produk susu yang tidak jelas,selalulah jaga asupan susu yang baik atau memberikan ASI agar si kecil terhindar dari hal-hal yang tidak anda inginkan.

Ciri ciri Anak Tidak Cocok Susu
Scroll to top