Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang materi past perfect tense lengkap dengan penjelasan fungsi dan penggunaannya. Past perfect tense adalah bentuk kata kerja untuk menyatakan suatu kejadian sudah selesai pada titik tertentu di masa lalu. Pernyataan tersebut dinyatakan sebelum ada kejadian lainnya yang terjadi setelah itu.

Kejadian di masa lalu tersebut juga bisa terjadi sekali ataupun berulang kali. Pas perfect tense ini juga digunakan untuk membentuk reported speech dan conditional sentence tipe 3. Selain itu, Anda juga peru belajar tentang materi past perfect continuous tense, present perfect tense, future perfect tense dan lainnya.

Penjelasan dan Rumus Past Perfect Tense

pexels.com

Berikut ini tiga rumus past perfect tense mulai dari kalimat positif, negatif hingga interogatif yang perlu dipahami, antara lain:

Kalimat Positif : S + had + past participle (Verb 3)

Kalimat Negatif : S + had + not + past participle (Verb 3)

Kalimat Interogatif : had + S + past participle (Verb 3)?

Rumus past perfect tense dibentuk dari auxiliary verb ‘had’ dan juga past participle dari verb 3. Had dalam hal ini berlaku secara umum untuk semua bentuk subjek baik singular maupun plural. Dengan kata lain, kalimat pas perfect pasti menggunakan auxiliary verb had.

Sedangkan past participle yang digunakan ditambahkan akhiran –ed, -d, -en, -n, -t ataupun –ne pada regular verb sebagai base form. Perlu dicatat bahwa bentuk past participle tidak konsisten pada base form irregular verb.

Penggunaan Fungsi Past Perfect Tense

pexels.com

Selanjutnya, masuk ke pembahasan fungsi dari kalimat past perfect, berikut ini poin-poinnya:

Menyatakan Kejadian Masa Lalu

Yang pertama, fungsi utamanya adalah untuk mengekspresikan kejadian di masa lalu sebelum ada kejadian selanjutnya. Dalam hal ini menggunakan subordinate conjunction after, before, by the time atau when. Dengan begitu, rumus atau struktur kalimatnya akan menjadi seperti di bawah ini, antara lain:

  • past tense + after + past perfect tense
  • Past perfect tense + before / when / by the time + past tense

Tak hanya itu, bisa juga menggunakan selain subordinate conjunction yaitu digunakan preposition prior or dan before yang merupakan sinonim. Berikut ini contoh kalimat pada fungsi yang pertama ini:

  • I had already eaten dinner by the time she pick me up – Saya sudah makan malam ketika Dia (perempuan) menjemput
  • When she came last night, the cake had run out – ketika Dia (perempuan) datang semalam, kue sudah habis

Menunjukkan Seberapa Sering Sesuatu Terjadi

Nah, untuk fungsi yang kedua adalah untuk menunjukkan seberapa sering sebuah kejadian terjadi di masa lalu. Dalam hal ini pasti menggunakan time expression untuk menegaskan keterangan waktu. Time expression yang dipakai seperti twice, two times, three times, everyday, every two days, every summer until 2020 dan lainnya. Struktur katanya menjadi seperti berikut ini:

Two times / three times / Twice + before + simple past tense / participle (phrase)

Pada fungsi ini, berikut ini contoh kalimat yang bisa dibuat:

  • I had read the book two times before I read her review – Saya sudah membaca buku itu sebanyak dua kali sebelum Saya membaca ulasannya
  • Ana and John had met twice before married – Ana dan John bertemu dua kali sebelum menikah

Digunakan Pada Reported Speech

Past perfect tense juga bisa digunakan pada reported speech setelah verb tertentu. Verb yang dimaksud antara lain said, told, asked, thought, wondered dan lainnya. Berikut ini contoh kalimat yang bisa dibuat dengan reported speed menggunakan verb tersebut:

  • She said that he had listened carefully the announcement – Dia (perempuan) mengatakan bahwa Dia sudah mendengarkan pengumuman itu dengan hati-hati atau penuh perhatian
  • I thought she had changed to be better person – Saya pikir Dia (perempuan) sudah berubah menjadi orang yang lebih baik

Digunakan Pada Conditional Sentence Tipe 3

Pada fungsi ini, past perfect tense digunakan untuk menyatakan harapan atau impian yang tidak tercapai di masa lalu. Rumus atau struktur katanya menjadi seperti berikut ini:

If + past perfect + would / might / should / could + have + past participle

Nah, itulah pembahasan singkat tentang past perfect tense sebagai dari salah satu 16 tenses dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Pembahasan Materi Past Perfect Tense Lengkap
Scroll to top