Seperti yang kita ketahui, aktivitas manusia saat ini tidak lepas dengan yang namanya komputer. Perangkat elektronik satu ini bahkan sudah bisa menyentuh semua lapisan masyarakat. Mulai dari pendidikan, bisnis hingga pemerintahan mendapatkan bantuan dari perangkat satu ini. Namun pernahkah anda penasaran sebenarnya apa itu komputer? Untuk menambah wawasan, yuk simak pengertian komputer pada ulasan berikut.

Mengenal Komputer Lebih Dekat, Pengertian Hingga Elemen di Dalamnya

  1. Pengertian

Kata komputer berasal dari Computare yang berarti menghitung. Jika didefinisikan dalam bahasa komputer berarti alat yang melakukan perhitungan aritmatika. Sementara untuk definisi secara umum, komputer merupakan seperangkat alat elektronik, yang setiap komponennnya berhubungan satu sama lain. Dari sanalah kemudian bisa menghasilkan informasi yang sebelumnya melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Untuk pengertian menurut para ahli, ada beberapa yang harus diketahui. Misalnya Robert H Blissmer menuturkan, komputer merupakan alat elektronik yang bisa melakukan tugas tugas yakni, menerima input, memproses input berdasarkan instruksi dan juga menyimpan instruksi dan juga hasil dari pengolahan serta mampu menyediakan output yang bentuknya informasi. Sementara untuk pengertian komputer menurut V.C Hamacher.

Komputer merupakan mesin yang mampu menghitung cepat dan mampu untuk menerima informasi input digital, informasi tersebut kemudian diolah berdasarkan program yang tersimpan di memori komputer serta nanti akan menghasilkan output yang berupa informasi. Dari beberapa pendapat tersebut, maka komputer merupakan peralatan elektronik yang akan menerima data dan keluarnya berupa informasi.

  1. Fungsi Komputer

Sebagai perangkat elektronik yang mampu untuk mengolah informasi, secara umum komputer memiliki 4 fungsi dasar. Fungsi yang pertama sebagai pengolahan data atau data processing. Karena memang komputer digunakan untuk mengolah data sehingga bisa menghasilkan output suatu informasi. Data yang diolah bisa berupa teks, objek, gambar, video, dokumen, suara hingga grafik. Dan hingga kini fungsi ini yang paling banyak dilakukan.

Fungsi yang selanjutnya sebagai penyimpanan data atau data storage. Komputer berfungsi untuk pemakaian data kembali atau pengaman data. Dalam hal ini juga banyak kita temui sehari hari. Seperti dalam pengertian komputer, komputer bisa dijadikan media untuk menyimpan semua data kita. Contoh sederhananya, Ms. Word yang memiliki menu penyimpanan, data bisa disimpan di harddisk serta bisa membukanya kembali dengan open.

Fungsi yang ketika sebagai data movement, kita bisa memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Bahkan kini kita bisa memindahkan data komputer ke perangkat lain seperti ponsel atau harddisk. Dan fungsi yang terakhir adalah sebagai control, tentunya kita tahu jika komputer bisa dijadikan sebagai alat untuk mengontrol sebuah sistem. Misalnya komputer sebagai perangkat untuk mengontrol CCTV yang anda miliki di rumah.

  1. Komponen Pada Komputer

Komputer merupakan susunan dari beberapa komponen yang menjadi satu dan saling berhubungan. Sehingga komponen ini dikelompokkan dalam 3 unit untuk memudahkan memahaminya. Komponen pertama yakni komponen input, proses dan komponen output. Komponen input dalam hal ini berupa komponen hardware yang tugasnya sebagai pintu masuk. Contoh komponen ini berupa keyboard, trackpad, microphone hingga mouse yang kita gunakan.

Mengetahui pengertian komputer saja memang tidak cukup, sebab juga harus mengetahui perihal komponennya. Komponen selanjutnya merupakan komponen proses yang berfungsi untuk mengolah perintah yang diberikan oleh user. Komponen proses ini berupa Memori, Motherboard, Prosesor, dan juga Harddisk. Tentunya masih masing komponen ini bekerjasama untuk bisa menghasilkan informasi pada proses outputnya nanti.

Komponen yang terakhir adalah komponen output yang tugasnya sebagai alat untuk menampilkan perintah atau informasi yang telah diproses. Dalam hal ini yang masuk dalam komponen output contohnya speaker, monitor dan juga printer. Ketiga perangkat ini akan membantu untuk menampilkan informasi baik dalam bentuk audio, dokumen maupun video sekalipun. Dan dalam komputer ketiga komponen ini saling bekerjasama dan mendukung.

  1. Elemen Dalam Komputer

Selain memiliki komponen, komputer juga bisa bekerja berkat elemen yang ada di dalamnya. Komponen tersebut terdiri dari hardware, software dan juga brainware. Hardware yakni komponen perangkat kera yang bisa disentuh dan diraba. Sementara untuk software merupakan perangkat lunak yang bisa dirasakan manfaatnya tapi tidak bisa disentuh dan juga diraba. Brainware adalah user atau orang yang mengoperasikannya.

Tanpa adanya elemen ini maka komputer tidak akan bisa bekerja untuk mengolah informasi seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian komputer. Yang termasuk dalam hardware adalah mouse, cpu, keyboard, monitor dan perangkat lainnya. Fungsi utama hardware ini sebagai alat untuk mengoperasikan komputer serta menjalankan beberapa komponen yang ada di dalamnya. Untuk menjalankan hardware membutuhkan sumber energi berupa listrik.

Untuk elemen software merupakan aplikasi aplikasi yang ada pada komputer seperti ms. Office, sistem operasi, anti virus, browser dan juga aplikasi lainnya. Fungsi dari software ini tentu untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan berbagai hal menyulitkan. Software juga meningkatkan kualitas komputer sehingga lebih bermanfaat. Namun tidak semua software bisa digunakan, karena masing masing software memiliki spesifikasi tersendiri.

Selanjutnya adalah Brainware yang merujuk pada seseorang yang mengoperasikan komputer. Komputer tidak bisa bekerja sendiri jika tidak ada yang mengoperasikan. Dengan adanya brainware komputer bisa memiliki fungsi dan bisa lebih bermanfaat bagi kehidupan. Tanpa adanya brainware, komputer hanyalah serangkaian alat yang saling berhubungan. Sehingga bisa dikatakan jika brainware merupakan elemen yang penting dalam komputer.

  1. Jenis Komputer

Menurut perkembangannya, komputer memang memiliki beberapa jenis. Sehingga tidak cukup hanya mengetahui serta mempelajari pengertian komputer saja. Jenis komputer ini berupa personal komputer yang juga dikenal dengan PC. Di mana pc ini hanya ditujukan untuk satu orang pengguna atau bisa disebut dengan komputer pribadi. Dan komputer ini tidak bisa di bawa kemana mana. Biasanya hanya digunakan untuk keperluan pribadi.

Jenis yang selanjutnya komputer desktop yang hampir mirip dengan personal komputer namun digunakan dalam skala yang lebih besar. Komputer server, jenis komputer yang menyediakan layanan untuk komputer client. Komputer jenis ini spesikasinya lebih tinggi serta biasanya berada di tempat yang khusus dan berhubungan dengan komputer client. Jenis yang terakhir adalah laptop yang merupakan updetan dari komputer yakni laptop.

Kehadiran komputer bagi manusia tentunya membawa keuntungan tersendiri. Pengolahan data, mendapatkan hiburan dan kebutuhan lainnya bisa dilakukan dengan komputer ini. Meskipun komputer awalnya merupakan benda berharga yang tidak semua bisa menjangkaunya, kini hampir semua individu yang membutuhkannya memiliki perangkat elektronik ini. Terutama untuk jenis laptop yang masih banyak peminatnya.

Yuk Ketahui Pengertian Komputer dan Elemen Di Dalamnya Di Sini
Scroll to top