Pasti kalian sudah bisa menebak asal kata van houten itu dari negara mana?  Iya benar.. Van houten itu berasal dari bahasa Belanda. Nah kalau coklat van houten yang terkenal itu juga berasal dari Belanda tepatnya di kota Amsterdam. Coklat van houten ini merupakan inovasi pertama dari coklat bubuk yang langsung dapat diseduh dengan air hangat maupun dingin. Ide pertama kali membuat coklat bubuk ini dari Conread Johanes Van Houten.

Table of Contents

Sejarah Singkat Coklat van Houten

Pada jaman dulu, tepatnya pada tahun 1820 rasa dari coklat tidaklah seperti sekarang. Pada waktu itu coklat mempunyai rasa asam, berserat, Kualitas buruk serta tidak larut dalam air. Oleh karena itu van houten mencari cara agar coklat tersebut bisa dinikmati hanya dengan menambahkan air.  Van Houten berhasil melakukan itu. Dan ia menemukan metode yang disebut dengan pemrosesan Belanda. Metode tersebut kemudian dipatenkan oleh Raja Wiliam I.  Van Houten menambahkan garam alkali agar rasa coklat tidak asam serta tidak berserat sehingga dapat langsung diminum hanya dengan menambahkan air hangat. Van Houten lalu membuka pabriknya di Weesp,  Belanda,  Jerman dan negara lainnya.

Pada tahun 1838 paten van houten berakhir. Maka munculah saingan  dari berbagai macam penghasil coklat. Kebanyakan mereka menggunakan Press Belanda. Cara ini lebih murah biaya produksinya. Pengolahan produksi ini menghasilkan coklat yang bisa dicampur dengan susu, gula, mentega dan menjadikan coklat batang.

Varian Coklat van Houten

Sekarang coklat van houten banyak sekali jenisnya tidak hanya coklat bubuk saja. Tetapi ada juga coklat batang van houten. Aroma dari bubuk coklat van houten sangat khas. Dan sangat cocok jika diseduh dengan air hangat.  Sehingga siapa saja yang menyeduh pasti akan ketagihan dan merasa jatuh cinta ke coklat van houten. Selain bisa dibuat minuman, bubuk coklat van houten ini bisa juga untuk bahan membuat kue kering maupun basah. Harga bubuk coklat van houten lumayan mahal karena menggunakan bubuk coklat premium. Disamping itu juga tidak terdapat campuran krim ataupun gula.

 

 

Sejarah Singkat Coklat van Houten
Scroll to top