Siapa Sebenarnya Si Manis Jembatan Ancol Itu ?

Cerita tentang hantu si manis jembatan Ancol memang sudah sangat terkenal sejak dulu hingga kini. Sehingga pada tahun 90-an ada sebuah film yang menceritakan tentang kisah yang populer di kalangan masyarakat tersebut. Namun kalau untuk generasi milenial, cerita populer ini sudah menjadi cerita asing. Namun tetap saja masih menjadi penasaran banyak orang atas kepastian kebenaran dari cerita tersebut.

Sampai saat ini terdapat dua versi cerita yang berbeda tentang hantu jembatan Ancol tersebut. Penasaran apa saja ceritanya? Silahkan simak ulasannya berikut ini :

  1. Cerita versi pertama hantu jembatan Ancol

Pada versi pertama, ada seorang gadis yang bernama maryam yang meninggal di daerah jembatan Ancol. Tewasnya Maryam ini disebabkan karena diperkosa oleh para pria secara bergilir. Setelah menyadari kalau Maryam sudah meninggal akhirnya jasadnya dibuang di area jembatan Ancol. Akhirnya atas kejadian tersebut muncul cerita kalau Maryam akhirnya jadi arwah penasaran. Hantu ini pun suka menampakkan diri ketika ada warga yang melintas di jembatan Ancol.

  1. Cerita versi kedua hantu jembatan Ancol

Pada versi kedua ini cerita dimulai dari abad ke 19, dimana kondisinya Indonesia masih di jajah oleh Belanda. Sementara Jakarta kala itu masih bernama Batavia. Singkat cerita, ada seorang wanita yang bernama Maryam yang tinggal bersama kakak dan ibunya di pavilium milik orang kaya.

Maryam ini merupakan bunga desa dengan kecantikan yang dimilikinya. Kecantikan inilah yang membuat banyak pria yang terpesona melihat kecantikannya. Kemudian orang kaya ini juga tertarik untuk mengawini Maryam. Setelah Maryam tahu kalau akan dikawini oleh orang kaya tersebut, membuatnya kabur agar tidak dipaksa kawin.

Pelarian Maryam ini sampailah di Jembatan Ancol, ada orang kaya lain yang bernama Oey Tambahsia juga tertarik dengan Maryam. Pemuda ini pun memerintahkan centengnya untuk menangkap Maryam. Perlawanan pun dilakukan oleh Maryam hingga membuatnya tewas. Jasadnya pun dibuang di daerah persawahan di dekat jembatan Ancol.

Ada cerita selanjutnya yang hadir dari seorang pelukis di Ancol yang menceritakan kalau dirinya sempat didatangi oleh seorang perempuan cantik yang ingin dilukis. Pada saat itu kondisinya sudah mulai gelap dan gerimis. Akhirnya pelukis ini menuruti permintaan perempuan tersebut. Namun setelah melukis setengah bagian tubunya, wanita tersebut menghilang. Banyak masyarakat yang percaya kalau wanita tersebut hantu dari jembatan Ancol.

Demikianlah singkat cerita tentang si manis jembatang Ancol yang populer di masyarakat. Semoga dengan adanya cerita ini bisa menambah wawasan, saat anda melihat hantu perempuan dengan paras cantik di daerah jembatan Ancol.