Mengulik 11 Tokoh Arsitektur Modern Terbaik Yang Kamu Wajib Tahu

Dalam dunia arsitektur memang mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Selain itu, banyak pula tokoh yang berkreasi untuk desain yang apik dengan pemanfaatan sumber daya di sekitarnya. Kemajuan ini tidak lepas dari beberapa orang yang sudut pandangan dan hasil proses berpikir serta proses belajar para tokoh arsitektur. Gaya arsitektur modern juga memiliki tokoh dunia yang memberikan penyegaran baru. Yuk intip di bawah ini!

Beberapa Tokoh Arsitek Modern Terbaik yang Kamu Wajib Tahu

  1. Le Corbusier

Sosok arsitek asal Swiss ini memiliki nama asli Charles Edouard Jeanneret. Popularitas yang ia peroleh berkat sumbangsih besarnya dalam dunia arsitektur. Tercetusnya nama gaya desain modernisme berasal dari pemikiran dan karyanya selama 5 dekade. Ia juga berdedikasi sangat tinggi kepada masyarakat melalui karyanya. Salah satunya dengan master plan di Chandigarh di India dan pada tahun 2016, 17 karya Le Corbusier masuk dalam dalam daftar situr kebudayaan dunia milik UNESCO.

  1. Ludwig Mies van der Rohe

Arsitek modern berkebangsaan Jerman Amerika ini telah memberi kontribusi yang besar dalam dunia arsitektur bersama tokoh arsitek lainnya. Mies dikenal dengan konsep minimalis yang ia sering pakai dan prinsip less is more. Kedua pemikirannya ini telah banyak berpengaruh untuk membuka sudut pandang para arsitek muda. Ciri khas dari konsep yang Mies usung ialah bahan kaca, struktur besar untuk sekat, elemen interior, dan konsep open floor yang sering ia gunakan.

  1. Frank Gehry

Salah satu tokoh yang mengusung arsitektur modern ini telah memberikan penyegaran dengan sudut pandangnya. Arsitek kelahiran Kanada satu ini telah melahirkan konsep yang inovatif dan futuristik untuk sebuah bangunan di zaman modern ini. Berkat kreativitasnya, ia juga mampu menghasilkan bentuk manipulatif yang anti mainstream. Melalui hasil pemikirannya, ia dapat memanfaatkan material untuk hasil karya arsitektur dengan desain gaya modern terbaik dalam versinya.

  1. Frank Lloyd Wright

Pernah anda mendengar kisah sukses seseorang yang tidak pernah menempuh pendidikan yang formal di sekolah? Frank Lloyd Wright mengisi salah satu daftar tersebut karena ia tidak pernah sekolah arsitektur, tetapi hanya belajar dari Louis Sullivan. Menariknya ia mampu menghasilkan lebih dari 1000 struktur dan lebih dari 500 telah dibangun. Oleh karena itu, tidak heran jika ia mendapat gelar arsitek terbaik sepanjang masa dengan desain strukturnya yang harmonis dan humanis.

  1. Zaha Hadid

Tahukah anda bahwa tidak ada yang menghalangi perempuan dalam berkarya? Zaha Hadid telah membuktikannya karena ia wanita pertama yang mendapat penghargaan The Pritzker Award. Tokoh ini menjadi salah satu tokoh yang layak disebut legenda dalam arsitektur modern karena telah menghasilkan gaya desain yang sangat berpengaruh. Ia memperkenalkan gaya futuristik yang tidak biasa, artistik, dan ikonik. Cara pandangnya mampu mengubah dunia arsitektur.

  1. Leoh Ming Pei – I.M Pei

Mengisi daftar arsitek dengan gaya modern terbaik di Dunia, Ieoh Ming Pei telah menghasilkan berbagai karya arsitektur yang inovatif dan ikonik. Tidak heran karena beliau telah belajar di dunia arsitektur sejak remaja dengan karya karya yang luar biasa. Banyak hal yang berpangaruh terhadap karyanya, seperti bentuk geometrik yang ia gunakan dan budaya Chinese yang jadi latar belakangnya. Beliau juga telah mendapat berbagai penghargaan, termasuk Pritzker Award, penghargaan tertinggi arsitektur.

  1. Philip Johnson

The Crystal Cathedral menjadi karya Philip yang banyak dikagumi hingga saat ini. Material kaca, kristal, dan besi yang digunakan mengantarkannya pada puncak popularitas hingga tingkat internasional. Arsitektur modern yang ia usung menjadi salah satu karya arsitektur yang mudah dikenali karena ciri khas dari bangunan ini berhasil standout. Selain itu, arsitek asal Amerika ini juga memiliki museum yang mengoleksi arsitektur dengan desain modern di New York yang dapat anda kunjungi.

  1. Santiago Calatrava

Menjadi sosok yang multitalenta, Santiago Calatrava telah menghasilkan banyak karya. Beliau menekuni berbagai bidang dengan keahliannya di bidang arsitektur, insinyur, pematung, dan pelukis. Karya artistiknya dalam mendesain bangunan juga tidak jarang berasal dari inspirasinya dalam melukis. Hasil karyanya juga ia kombinasikan dengan kreativitas yang estetik dan desain yang memukau. Tidak heran jika beberapa karya seninya juga sering masuk dalam daftar suatu pameran di New York.

  1. Kenzo Tange

Tokoh arsitektur yang sangat memukau ini berasal dari Jepang dengan banyaknya pengalaman yang telah beliau jalani. Berawal dari menjadi dosen di sebuah kampus bergengsi di Jepang, beliau telah memenangkan sayembara karena telah berhasil mengabadikan sejarah Hiroshima. Karyanya berhasil mengantarkan salah satu tokoh arsitektur modern ini pada popularitas yang tidak pernah ia sangka. Karya karyanya terdiri atas gabungan modernisme dan arsitektur dengan sentuhan khas Jepang.

  1. Renzo Piano

Salah satu karya besarnya yang diberi nama Center Pompido di Paris ini memiliki detail yang unik. Material yang digunakan mampu menonjolkan setiap detail yang diinginkan oleh arsitek kelahiran Italia ini. Bangunan tertinggi di London, The Shard juga hasil karyanya yang sempat menuai kontroversi, tetapi ternyata banyak dikagumi. Oleh karena itu, tidak heran jika arsitek satu ini termasuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia menurut majalah Time, tahun 2008 silam.

  1. Jean Nouvel

Arsitek kelahiran Perancis ini memiliki cara pandang yang bergerak ke arah kemajuan, sehingga dengan dukungan teknologi modern dapat menghasilkan karya yang sangat apik. Tidak hanya itu, sudut pandangnya dapat memengaruhi arsitek muda dengan konsep arsitektur modern yang diusungnya. Melalui karya Institute du Monde Arabe, beliau mendapat penghargaan Aga Khan Award for Architeture. Ia juga sempat menyabet penghargaan Pritzker Prize tahun 2008 dan Wolf Prize in Arts pada 2005.

Memiliki berbagai ide untuk pengembangan arsitektur membuat berbagai tokoh dunia dapat menghasilkan karya karya yang berpengaruh. Sudut pandangnya juga berhasil memengaruhi para arsitek muda. Dekadeko.com salah satu penyedia jasa arsitek yang menganut gaya modern dari tokoh tokoh arsitek modern terbaik ini. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan jasanya karena dapat dipastikan hasil karyanya memuaskan anda. Jadi tunggu apa lagi?