Tak Perlu Halaman Luas, Cari Tahu Cara Menanam Tomat Di Pot

Tidak mempunyai lahan yang luas bukan berarti tidak bisa menanam apa yang diinginkan. Dengan mengasah kreativitas maka tanaman seperti cabe, tomat hingga lainnya bisa dikembangbiakkan di rumah. Untuk anda yang ingin menanam tomat, tumbuhan satu ini termasuk yang mudah untuk dikembangkan. Pot bisa menjadi media untuk anda yang ingin berkebun tomat, tapi lahannya tidak luas  cara menanam tomat di dalam pot bisa jadi solusi. Simak ulasannya.

Membudidayakan Tomat di Rumah Dengan Mudah

  1. Manfaat Tomat

Tomat kerap kali disangka sebagai sayuran walaupun nyatanya tomat merupakan buah buahan. Bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari dikonsumsi secara langsung hingga menjadikannya makanan serta minuman. Memang tomat menjadi buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan antioksidannya yang bernama likopen bisa memerangi radikal bebas yang juga bisa menyebabkan kanker di dalam tubuh.

Belum lagi antioksidan lain yang juga sangat banyak dan baik untuk tubuh. Ditambahkan dengan beberapa vitamin seperti vitamin C dan vitamin A. Bukan hanya menjaga tubuh dari radikal bebas, tomat juga bisa menjaga kesehatan jantung dan menurunkan darah tinggi. Tomat juga banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit, terutama untuk paparan sinar UV. Kesehatan mata juga bisa dijaga dengan rutin mengkonsumsi tomat.

  1. Cara Menanam Buah Tomat di Dalam Pot

Anda yang ingin merasakan tomat setiap hari bisa menanamnya sendiri di rumah. Cara menanam tomat bisa dikatakan mudah. Buah yang kadang berwarna merah atau orange ini bisa hidup di berbagai media tanah, sehingga anda bisa membudidayakan hanya dengan berbekal pot atau polibag. Budidaya tanaman tomat bisa dengan cara menyemai bijinya pada pot atau polibag. Jika ingin menanam dari bijinya bisa menyimak langkah berikut.

a. Memilih Bibit Tomat

Menanam tomat sendiri bukanlah hal yang sulit dan yang diperlukan adalah memahaminya dengan baik. Sebelum anda menanamnya, menyiapkan bibit menjadi langkah pertama yang harus anda lakukan. Bibit ini harus berkualitas baik, sebab nantinya akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Jika menggunakan bibit yang baik maka anda juga akan menghasilkan tomat tomat yang baik pula. Secara garis besar ada dua jenis tanaman tomat yang bisa anda tanam.

Tomat determinate merupakan tomat yang tumbuhnya tegak ke atas serta bisa cepat berbuah. Jenis yang selanjutnya tomat indeterminate yang tumbuh dengan merambat atau mirip dengan anggur. Sebenarnya ada banyak jenisnya, bahkan ada yang warnanya ungu, coklat dan juga jingga. Dimana rasa masing masing tomat juga dipengaruhi dengan warnanya. Cara menanam tomat ini sebenarnya sama meskipun jenisnya berbeda.

Namun tetap ada cara untuk memilih bibit tomat yang baik. Sebaiknya anda memilih tomat yang benar benar matang. Biasanya ditandai dengan warna yang benar benar sempurna dan kulitnya tipis. Kemudian juga bisa dilihat dari ukuran yang lebih besar. Tidak ada cacat maupun luka bahkan bekas serangan hama. Jika nanti dibelah anda bisa melihat jika bijinya menyebar merata. Selain bisa membuat bibit sendiri, anda juga bisa membeli bibit unggulan di petani.

Jika anda membuat bibit sendiri, maka anda harus membelah tomat menjadi dua bagian. Kemudian silahkan ambil bagian bijinya dan biarkan hingga 2 atau 3 harian. Cuci biji hingga bersih dengan menggunakan air segar. Jika ada benih yang terapung itu tandanya benihnya buruk. Setelah itu keringkan benihnya dan simpan dalam plastik. Apabila sudah, silahkan meletakkan di lemari es sekitar 1 atau 2 mingguan sebelum disemai.

b. Menyemai Bibit Tomat

Setelah anda mendapatkan bibit yang paling baik, maka anda akan memasuki pada tahapan penyemaian. Namun sebelumnya cara menanam tomat dengan pot adalah merendam benih dengan cairan fungisida terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari jamur ataupun hama yang nanti mengganggu pertumbuhannya. Anda juga bisa menyiapkan semaian yang merupakan campuran tanah dan pupuk, perbandingannya 1:1.

Media semai ini bisa anda letakkan pada nampan atau tempat yang agak lebar. Nantinya silahkan lubangi media semai dengan jari dan letakkan bijinya satu persatu. Jangan lupa untuk menutupnya dan meletakkan ke tempat yang teduh. Lakukan penyiraman secara rutin agar segera tumbuh bibitnya. Bibit yang telah tumbuh dibiarkan pada media semai hingga umurnya sekitar 15 atau 20 hari barulah kemudian dipindah ke dalam pot.

c. Memilih Pot Yang Tepat

Poin penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja adalah memilih pot. Bisa menggunakan berbagai macam pot bunga, namun pot tanah liat merupakan pilihan yang paling baik. Sebab nanti pori pori pot lebih mudah untuk ditembus air sehingga sirkulasi udaranya terjaga. Media tanam pada pot merupakan perbandingan 1:1:1 dari tanah, pupuk dan juga pasir. Jangan lupakan untuk memberikan lubang pada pot sebagai cara menanam tomat yang baik.

d. Memindahkan Benih Pada Pot

Jika tomat sudah berumur sekitar 20 hari, maka sudah saatnya anda memindahkan pada pot yang sudah ada media semainya. Memindahkan bibit ini harus dengan hati hati agar tanaman tidak rusak. Kemudian tanah yang menempel pada akar juga usahakan tidak sampai habis agar bisa tetap bertahan hidup. Sebelumnya, anda bisa membuat lubang dengan ke dalam secukupnya pada media tanam yang ada di dalam pot.

e. Memelihara Tanaman Tomat

Setelah dipindahkan bukan berarti tugas anda sudah selesai. Anda harus tetap memberikan perawatan pada tomat tomat anda. Sebaiknya anda meletakkan tomat pada tempat yang terdapat sinar matahari. Ketika terlalu terik anda bisa memindahkan pada tempat yang lebih teduh. Penyiraman secara rutin juga perlu untuk anda lakukan, yakni setiap pagi atau sore. Selain memberikan air dalam cara menanam tomat, anda juga bisa memberikan pupuk kandang.

Menanam tomat memang bukanlah hal yang sulit, anda hanya perlu memahami dan merawatnya dengan baik. Jika anda memilih tomat merambat maka harus menyediakan ajir sebagai media rambatannya. Tomat umumnya akan mulai di panen ketika usianya sudah 60 atau 90 hari setelah ditanam. Dengan memanfaatkan lahan anda dengan baik, anda sudah bisa mencukupi akan kebutuhan tomat anda. Cara menanamnya juga sangat mudah bahkan simple.