Ketahui, Ini 7 Penyebab Pohon Kelengkeng Sulit Berbuah

 

Pohon kelengkeng sulit berbuah? Sudah ditanam bertahun-tahun tapi masih saja belum menghasilkan buah? Kondisi ini memang tidak jarang dijumpai, meski pada normalnya kelengkeng akan berbuah pada rata-rata usia 2 tahun setelah masa tanam. Sebab pada faktanya, ada saja pohon yang tak kunjung berbuah walaupun umurnya sudah 3, 5, 10 bahkan belasan tahun. Nah, kalau seperti ini tahukah Anda apa penyebabnya?

Setidaknya, ada 7 kemungkinan penyebab pohon sulit berbuah, yaitu:

  1. Bibit pohon yang ditanam merupakan hasil dari tanam biji kelengkeng. Dengan kata lain pohon berasal dari biji, bukan dari hasil cangkok atau okulasi.
  2. Pohon merupakan varietas golongan temperate sehingga diperlukan pemberian zat perangsang buah untuk dapat membuat pohon berbuah.
  3. Pertumbuhan daun terlalu subur sehingga menghambat tanaman berbuah.
  4. Pohon tidak mendapat cukup perawatan sehingga menjadi kekurangan nutrisi dan pertumbuhannya pun menjadi lemah dan sulit berbuah.
  5. Pohon tidak mendapat cukup cahaya matahari.
  6. Pohon terkena hama atau penyakit kronis yang berkepanjangan.
  7. Fisiologi tanaman kelengkeng yang memang bermasalah.

Itulah beberapa kemungkinan yang menyebabkan tanaman kelengkeng sulit berbuah. Untuk mengatasi masalah ini dan membuat pohon lekas berbuah, pastikan untuk Anda mengetahui penyebab jelasnya untuk mendapat solusinya.