Macam-Macam Peralatan Dapur Wajib Yang Harus Anda Miliki Di Rumah

Dalam sebuah rumah, dapur menjadi area inti yang paling sering digunakan. Bagaimana tidak, semua kegiatan memasak untuk kebutuhan pangan sehari-hari semua dilakukan didapur. Karena itulah peralatan dapur yang dimiliki harus bisa menunjang aktivitas ini. Lalu, peralatan apa saja yang harus ada di dapur?

Secara umum saat menempati hunian baru, peralatan yang tersedia masih belum begitu lengkap termasuk untuk masalah dapur. Untuk itu kita perlu membeli peralatan lainnya yang diperlukan untuk melengkapinya. Nah, untuk itulah dalam hal ini Anda perlu tahu peralatan apa-apa saja yang harus dimiliki untuk dapur rumah.

Jika Anda belum tahu apa saja macam-macam peralatan yang wajib ada di dapur untuk menunjang kegiatan memasak, berikut ini daftarnya yang bisa Anda ketahui:

Peralatan Dapur untuk Memotong

Alat dapur pertama yang wajib dimiliki adalah peralatan potong, meliputi:

  • Pisau

Pisau memiliki kegunaan untuk memotong bahan-bahan masakan mulai dari bumbu, sayur, daging dan lain sebagainya. Penggunaan pisaunya juga sebaiknya disesuaikan dengan bahan yang akan dipotong. Sehingga Anda disarankan memiliki 2 atau lebih pisau dengan jenis berbeda. Seperti 1 pisau buah, 1 pisau daging dan 1 pisau serbaguna.

  • Gunting

Gunting berperan untuk memotong suatu hal yang lebih mudah dibanding dengan pisau, seperti bungkus makanan, ayam utuh atau daging. Pastikan saja Anda memiliki gunting dapur yang benar-benar tajam.

  • Parutan

Parutan juga merupakan salah satu peralatan dapur yang harus dimiliki. Berguna untuk memarut, ada 2 jenis parutan yang bisa digunakan yakni parutan kelapa guna membuat santan dan parutan keju untuk memarut keju. Keduanya wajib dimiliki untuk memudahkan tugas Anda di dapur.

pexels.com

Alat Wadah Saat Memasak

Yang termasuk dalam wadah masak adalah semua alat dapur yang digunakan sebagai wadah untuk memasak dan untuk makanan. Antara lain yaitu:

  • Panci

Panci memiliki banyak sekali ragam variasi, baik dari jenis, ukuran, model bahkan fungsinya. Berguna secara umum untuk memasak makanan yang mengandung kuah, panci adalah wadah masak pokok yang harus dimiliki. Anda setidaknya wajib mempunyai 3 jenis panci dengan ukuran berbeda untuk memasak sayur, merebus air dan bahan masakan ataupun panci bergagang untuk memasak makanan praktis seperti mie instan.

  • Wajan

Selain panci, alat penggoreng berupa wajan juga tidak kalah penting Anda miliki di dapur. Alat yang satu ini sangatlah fungsional, mulai dari dipakai untuk menggoreng, menumis dan bahkan hingga memanggang makanan. Wajan juga sangat bervariasi dengan beragam jenis dan ukurannya. Yang mana setidaknya Anda harus mempunyai wajan cekung yang serbaguna.

  • Talenan

Agar lebih mudah dalam memotong bahan makanan, Anda membutuhkan talenan sebagai alasnya. Usahakan Anda memiliki lebih dari satu talenan dengan kegunaan masing-masing, yakni untuk memotong daging dan satu lagi untuk sayuran. Disarankan untuk Anda memilih talenan dari bahan polypropylene dibanding dari bahan kayu.

  • Baskom

Baskom berguna sebagai wadah membuat adonan atau wadah sayuran yang sudah dipotong. Baskom juga memiliki banyak variasi ukuran, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

pexels.com

Alat-Alat Dapur Kecil tapi Sangat Penting

Walaupun dikatakan peralatan kecil, namun nyatanya alat-alat ini sangat penting untuk Anda sediakan di dapur. Macam-macam alat ini adalah:

Ketika memasak, Anda tidak hanya akan membutuhkan panci dan wajan. Ada beberapa peralatan dapur lainnya yang akan Anda perlukan seperti spatula, sendok sayur, centong, cobek, saringan, capitan dan. Yang mana peralatan ini tentunya akan memudahkan Anda saat memasak.

  • Peralatan Makan

Sama halnya dengan peralatan masak, Anda juga wajib mempunyai alat-alat makan seperti piring, mangkuk, sendok, garpu dan gelas. Dalam hal penyimpanannya, Anda mungkin juga harus mempunyai wadah khusus.

Peralatan Dapur dengan Ukuran Besar

Untuk alat-alat ini, nampaknya Anda harus pandai-pandai dalam peletakkannya. Pasalnya, peralatan ini berukuran cukup besar dan tidak gampang dipindahkan. Namun tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa mencari inspirasi desain dapur di FeastHome untuk diterapkan di dapur rumah Anda. Beberapa peralatan dapur yang dimaksudkan dalam hal ini antara lain:

  • Rice Cooker

Agar kegiatan menanak nasi lebih cepat dan praktis, Anda membutuhkan rice cooker untuk memasaknya. Selain nasi, alat ini juga bisa digunakan untuk mengukus makanan.

  • Kompor

Kompor menjadi yang terpenting untuk Anda miliki di dapur. Sebab tanpa alat ini hampir semua jenis masakan tidak akan bisa matangkan. Tersedia dalam kompor gas/listrik, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

  • Kulkas

Sekarang ini, kulkas nampaknya sudah menjadi barang wajib yang harus ada di dapur. Berfungsi untuk menyimpan semua bahan makanan supaya tidak cepat membusuk, kulkas akan mempermudah penyediaan bahan-bahan masakan di rumah Anda.

Nah, itulah beberapa peralatan dapur yang harus Anda miliki di dapur rumah. Dengan adanya alat-alat ini, kegiatan memasak Anda akan lebih mudah sehingga waktu di dapur pun menjadi menyenangkan.