Agar Mendapat Hasil Foto Yang Apik, Yuk Simak 8 Cara dan Trik Fotografi di Depan Kamera

Menghasilkan foto yang bagus tentu membutuhkan beberapa teknik dasar yang harus dimiliki oleh setiap fotografer. Anda bisa menggunakan beberapa kamera dengan berbagai model mulai dari kamera DSLR, kamera saku ataupun canon camera manual yang akan membantu untuk menghasilkan fotogenik. Nah yuk simak ulasan selengkapnya cara dan trik fotografi di depan kamera yang mahir berikut.

Trik Menghasilkan Fotografi yang Apik

Pixabay.com

1 Pilihlah Satu Titik Fokus

Bagi beberapa orang yang ingin menghasikan foto yang bagus, biasanya akan memilih untuk menggunakan autofocus. Padahal autofocus ini tidak digunakan untuk menentukan titik fokus namun untuk memilih objek apapun yang paling dekat dengan lensa kamera. Namun memilih menggunakan autofocus bukanlah sesuau yang buruk, karena beberapa kamera akan memilih sendiri beberapa titik fokus untuk menghasilkan foto yang terbaik.

Menggunakan titik fokus dalam pemotretan sendiri menjadikannya sebagai pengontrol utama. Artinya anda bisa bebas untuk memilih atau menentukan titik fokus yang anda inginkan. Oleh karena itu cobalah pikirkan dan pertimbangkan segala sesuatu dengan baik sebelum melakukan pemotretan termasuk menentukan titik fokus pada objek yang hendak difoto.

  1. Melakukan Pemotretan di Tempat yang Teduh

Apabila anda melakukan pemotretan di luar ruangan, maka pilihlah tempat yang teduh untuk mengambil gambar. Hal ini karena sinar matahari yang diperoleh secara langsung dalam lokasi dapat memberikan efek yang kurang bagus pada foto anda. Hal ini karena mata dari subjek foto akan terlihat cipit atau menutup. Disamping itu cahaya matahari secara langsung juga dapat menciptakan bayangan yang tidak sesuai.

Itulah sebabnya cara dan trik fotografi di depan kamera harus dilakukan di bawah tempat yang teduh untuk menciptakan banyakan halus yang dihasilkan secara alami pada subjek anda. Dengan menambahkan pencahayaan yang tepat, maka anda dapat membuat foto terlihat lebih bagus dan memperlihatkan objek foto yang terlihat menakjubkan.

  1. Fokus pada Bagian Mata

Banyak sekali yang bilang jika mata adalah belahan jiwa seseorang, oleh karenanya mata bisa dijadikan titik fokus pda setiap foto yang baik. Memang mata bukanlah satu satunya bagian penting untuk menghasilkan foto yang baik dan bagus. Namun mata memiliki elemen yang paling tajam dan penuh dengan daya tarik pada bagian wajah seseorang.

Saat anda melakukan pemotretan dengan menggunakan aperture yang lebar maka bisa memfokuskan pada bagian mata. Lensa bokeh atau pengaburan titik cahaya akan membuat tampilan gambar terlihat lebih halus dan menarik untuk dlihat. Cara dan trik fotografi di depan kamera ini seringkali dipraktikan untuk beberapa fotografer handal dalam bidangnya.

  1. Menggunakan Panjang Focal 70 MM Atau Lebih

Perlu diingat bagi anda yang ingin melakukan pemotretan, jangan pernah menggunakan length focal kurang dari 50 mm. Cobalah untuk menggunakan length focal pada poin 70 mm atau lebih untuk memudahkan pengambilan gambar. Hal ini karena pada ukuran length focal 70 mm dapat mengubah salah satu bagian dari subjek anda sehingga menyebabkan foto anda tidak bagus.

  1. Perhatikan Pencahayaan

Bagi fotografer, mendapatkan pencahayaan yang cocok adalah hal yang sangat menantang dalam melakukan pemotretan fotografi. Menggunakan cahaya yang berlebihan pada pemotretan bukanlah hal yang buruk. Namun cahaya yang muncul tiba tiba tanpa direncanakan seperti sinar matahari langsung, akan memberikan efek bayangan serta pencahayaan yang tidak merata.

Idealnya cara dan trik fotografi di depan kamera ini akan menggunakan beberapa unit cahaya dalam pemotretan. Namun harus diingat bahwa pencahayaan adalah salah satu faktor yang akan memberikan dampak kehidupan dan ketajaman pada sebuah foto. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya untuk memilih pencahayaan sebaik mungkin.

  1. Memperhatikan Pengaturan Kamera

Sebelum anda memulai pengambilan fotografi, maka ada baiknya anda harus menyesuaikan kapasitas kamera milik anda. Jangan berusaha untuk mengambil gambar diluar batas kemampuan kamera. Anda bisa memanfaatkan secara maksimal kamera anda sehingga akan menghasilkan foto yang berkualitas sesuai dengan keinginan anda.

Anda juga harus memperhatikan pengaturan kamera agar sesuai dengan situasi dimana anda berada. Memiliki gambar yang baik bukan hanya tentang memiliki kamera yang baik, namun juga berhubungan dengan lokasi pemotretan sebuah gambar. Pemandangan sebuah bukit dengan didampingi oleh gunung akan memberikan pengalaman pengambilan gambar yang menarik.

Aturlah kamera digital anda dan mulailah dengan mengambil gambar. Apabila mode landscape tidak berhasil, maka cobalah menggunakan mode malam sebagai cara dan trik fotografi di depan kamera. Untuk mode landscape sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk memperoleh gambar dengan tampilan yang bagus. Oleh karenanya jangan ragu untuk mengambil gambar dalam bentuk apapun saat anda menggunakan metode ini.

  1. Memilih Subjek Gambar Secara Kreatif

Pixabay.com

Subjek yang kreatif bukan selalu berarti melemparkan senyuman di depan kamera. Seperti diketahui subjek adalah sesuatu yang membuat anda tertarik dan bisa berarti apa saja. Misalnya saja hewan peliharaan anda yang tergeletak di tanah, bayi yang hendak mencoba meraih mainannya diatas kursi atau orang orang yang sedang bermain bola di depan rumah.

Anda bisa memilih subjek foto yang berkualitas dan memberikan efek yang bagus terhadap foto anda. Manfaatkanlah segala sesuatu yang ada disekitar anda untuk menghasilkan foto yang bagus dan berkualitas. Selain itu memanfaatkan segala sesuatu yang ada di sekitar juga akan membuat hasil pemotretan terlihat fotogenik dan menarik perhatian.

  1. Menggunakan Make Up yang Cocok Untuk Warna Kulit

Bagi anda yang ingin tampil di depan kamera dengan tampilan yang cantik, cara dan trik fotografi di depan kamera adalah memperhatikan make up yang anda gunakan. Selain tersenyum, make up juga akan membuat anda terlihat lebih menarik. Gunakanalah make up yang cocok dengan warna kulit anda sehingga tidak akan terlihat perbedaan warna kulit yang jomplang. Anda bisa menggunakan bulu mata atau mascara dan memilih lipstick yang berwarna terang.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat tampilan foto terlihat lebih bagus dan unik saat melakukan pemotretan. Selain memilih objek foto yang menarik dan unik, pemilihan kamera dan lensa juga berpengaruh untuk foto yang maksimal. Anda bisa menggunakan memilih beberapa objek foto yang unik dan menarik sehingga akan membuat hasil jepretan lebih bagus dan maksimal.